Rabu, 03 Oktober 2012

Nursing Management & Leadership (Making Decision)


MEMBUAT KEPUTUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
A.    Pendahuluan
            Pembuatan keputusan adalah hal yang penting dalam memecahkan masalah. Pembuatan keputusan yang rumit merupakan bagian dari manajemen keperawatan. Agar dapat berhasil, perawat manajer harus secara tetap mendemonstrasikan keterampilan pemecahan masalah yang cepat berubah. Kemampuan untuk membuat keputusan organisasi dan pemecahan masalah merupakan ketrampilan perorangan yang penting bagi manajer perawat.
B.     Proses Pembuatan Keputusan
            Ada tiga model keterampilan berpikir kognitif yang dilibatkan dalam pembuatan keputusan :
1.      Model normatif : Model ini di asumsikan untuk memaksimalkan kepuasan dan memenuhi kebutuhan “asumsi pengetahuan sempurna" bahwa “pada suatu situasi membutuhkan keputusan, semua kemungkinan pilihan dan konsekuensi dan potensial hasil dari masing-masing diketahui.” Tujuh langkah yang teridentifikasi dalam model analisis ini :
·         Menemukan dan menganalisa masalah
·         Mengidentifikasi semua alternatif yang memungkinkan
·         Mengevaluasi pro dan kontra dari masing-masing alternatif
·         Mengurut alternatif-alternatif
·         Memilih alternatif yang dapat memaksimalkan  kepuasan
·         Pelaksanaan
·         Evaluasi
2.      Model pohon keputusan : Semua faktor penting untuk membuat suatu keputusan bisa digambarkan dalam  keputusan pohon. Magee dan Brown menggambarkan pohon keputusan sebagai memulai dengan masalah dasar dan membuat “ruas-ruas peristiwa” dan “ruas-ruas tindakan” yang ditunjukkan sebagai cabang-cabang. Jumlah cabang-cabang pada tiap ruas berhubungan dengan jumlah alternatif yang teridentifikasi.
3.      Model deskriptif : Model ini dapat digunakan untuk membuat berbagai keputusan yang informasinya tidak lengkap diakibatkan karena keterbatasan waktu, uang, atau orang dan kenyataan bahwa orang tidak selalu  memilih yang paling baik. Langkah dalam model ini meliputi :
·         Menetapkan tujuan yang dapat diterima
·         Menguraikan persepsi subjektif tentang masalah
·         Mengidentifikasi alternatif yang bisa diterima
·         Mengevaluasi setiap alternatif
·         Menyeleksi alternatif
·         Menerapkan keputusan
·         Evaluasi
Langkah-langkah dalam Proses
1.      Mengidentifikasi masalah
2.      Mengumpulkan dan menganalisa informasi yang berhubungan dengan solusi
3.      Mengevaluasi semua alternatif dan memilih satu untuk implementasi
4.      Bertindak atau mengimplementasikan alternatif terpilih
5.      Memantau implementasi dan mengevaluasi hasil

C.    Kesulitan dalam Pembuatan Keputusan
            Kesulitan dalam membuat keputusan meliputi :
1.      Ketidakadekuatan temuan fakta
2.      Keterbatasan waktu
3.      Komunikasi yang buruk
4.      Kegagalan untuk secara sistematis mengikuti langkah-langkah proses pembuatan keputusan akan mungkin mengakibatkan hasil yang tidak diantisipasi.
D.    Proses Pemecahan Masalah
            Pemecahan masalah akan melibatkan berbagai  kejadian dalam membuat keputusan. Cara yang baik untuk mengetahui hubungan adalah menemukan langkah-langkah pemecahan masalah. Dalam kenyataannya langkah-langkah proses pemecahan masalah semua seperti langkah-langkah proses keperawatan; mengkaji dan menganalisa, merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pengkajian meliputi sistimatik pengumpulan, mengorganisasikan, dan menganalisa data; sesuai dengan informasi yang berhubungan dengan masalah atau kebutuhan.
            Pemecahan Masalah Kelompok, walaupun tiap langkah pemecahan masalah dapat dilakukan secara individual, masukan-masukan dari individu atau area lain yang terpengaruh meningkatkan kemungkinan pengumpulan data lebih lengkap, perencanaan kreatif, keberhasilan implementasi, dan evaluasi yang menunjukkan resolusi masalah. Pemecahann masalah kelompok manajerial sering  dibentuk dalam organisasi dengan harapan bahwa efek kelompok akan membuktikan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.
            Dua macam teknik kelompok yang dapat meningkatkan keberhasilan dalam memecahkan masalah telah teridentifikasi—teknik kelompok Delphi dan nominal
            Teknik kelompok Delphi, hanya kelompok pemimpin yang mengetahui identitas anggotanya. Teknik ini khususnya mengguanakn anggota kelompok yang berpengalaman yang secara fisik terpisah.
            Teknik kelompok nominal menolak perkembangan yang menyatakan dirinya sendiri berpengalaman dengan membandingkan aktivitas mandiri dengan menginteraksikan struktur kelompok pada titik khusus dalam proses pemechan masalah.


Sumber :
Pengantar Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan, Russel C Swanburg ; editor, Monica Ester – Jakarta : EGC, 2000.
Jones, R. A. P. (2007), Nursing Leadership and Management. Theories, Processes, and Practice. F. A. Davis. Philadephia.
Tappen, R. M., Whitehead, D. K., Weiss, S. A. (2010), Essentials of Nursing Leadership and Management. 5th edition. F. A. Davis. Philadephia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar